Di Era Industrialisasi Arsitek tidak lagi menjadi sang pencipta yang mandiri tetapi sekadar perangkai produk-produk yang sudah ada. Dunia kehidupan kita kini banyak disuguhi kabar konflik dan kejahatan dalam banyak cara, Saatnya kita kedepankan kedamaian dan kasih sayang . Arsitektur publik sudah saatnya dibangun melalui proses sayembara agar dihasilkan karya yang kredibel . Teknologi Informasi dan komunikasi sudah sangat berkembang. Saatnya membangun inovasi kreatif untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Jangan terkecoh oleh media sosial yang mengajak pada perpecahan. Selalu sampaikan salam damai dan kasih sayang

Jumat, 12 September 2014

Pasar Tomohon, Pasar Ekstrim

Kalau ke Manado. Sempatkan mengunjungi Pasar Tomohon. .Belum syah rasanya kalau belum ke Tomohon dan Buaken. Mengapa Pasar Tomohon?

Pasar hakikatnya adalah tempat berkumpul dan bertemu msyarakat untuk saling bertukar transaksi barang. Pasar telah menjadi simbol arsitektur untuk pertemuan dan rujukan pencarian barang yang akan diperjual belikan. Pasar Tomohon adalah pasar paling terkenal di seantero jagad karena ketaklazimannya atas makanan ekstrem yang diperjualbelikannya. Disini dijual segala jenis binatang untuk dikonsumsi. Ada anjing dengan berbagai ukuran kaku terpanggang, kelelawar, monyet ekor merah, ular piton, babi hutan, biawak, kucing dan tikus.

Ular sanca

Kalong

Biawak


Anjing bakar

Dari luar, pasar Tomohon tampak biasa. Tak ada hal yang menonjol daripada pasar tradisional Indonesia pada umumnya. Tapi ketika memasuki ke kios yang lebih dalam akan tampak aneh dan mengerikan. Bagi pecinta binatang, jangan sekali-kali masuk kedalamnya. Pasti terenyuh. Bau anyir darah menyengat. Karena binatang-binatang itu dibakar tanpa disembelih. Darah yang mengendap didalamnya justru merupakan kelezatan yang diharapkan.
Kepala babi

Sate tikus
Anjing dimatikan dengan cara di getok kepalanya lalu disemprot dengan api seperti orang mengelas untuk menghilangkan bulu-bulu ditubuhnya dan dagingnya kering tak berair.
Harganya bervariasi. Anjing satu ekor ukuran sedang dijual 300 ribu, tikus 12.500 per ekor. Kelelawar 30 ribu, monyet per kilo 70 ribu dsb.
Mau mencicipi? Silahkan mampir ke PAsar Tomohon

2 komentar:

Pintu Jendela uPVC mengatakan...

Pasar yang ekstrim, tapi unik sekali... Seharusnya bisa dijadikan objek wisata kelas dunia tomohon ini... Salam kenal pak :)

RHF mengatakan...

terima kasih komentarnya. Salam kenal juga.