Di Era Industrialisasi Arsitek tidak lagi menjadi sang pencipta yang mandiri tetapi sekadar perangkai produk-produk yang sudah ada. Dunia kehidupan kita kini banyak disuguhi kabar konflik dan kejahatan dalam banyak cara, Saatnya kita kedepankan kedamaian dan kasih sayang . Arsitektur publik sudah saatnya dibangun melalui proses sayembara agar dihasilkan karya yang kredibel . Teknologi Informasi dan komunikasi sudah sangat berkembang. Saatnya membangun inovasi kreatif untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Jangan terkecoh oleh media sosial yang mengajak pada perpecahan. Selalu sampaikan salam damai dan kasih sayang

Senin, 21 Juli 2014

Dibalik Kemasyhuran Menara Eiffel Paris

Setelah istirahat semalam sehabis perjalanan 4 jam dari Brussel Belgia. Tepat jam 8 pagi setelah sarapan kami meninggalkan hotel Mercure dengan bus menuju Menara Eiffel. Di sepanjang perjalanan kami baru tahu bahwa Paris adalah kota yang wajahnya sudah sangat renta. Dimana-mana bangunan masa klasik yang penuh ornamen menghiasi seluruh wajah jalan yang kami lewati. 
Menara Eiffel adalah tujuan pertama yang akan dikunjungi pagi itu sebelum melanjutkan ke Museum Louvre.  Untuk bisa menikmatinya dan mengerti lebih awal bagaimana Eiffel, saya sempatkan baca beberapa artikel tentang menara yang sangat tersohor di seluruh dunia ini. Berikut beberapa catatan yang dapat saya rangkum tentang Eiffel berikut beberapa fakta unik di balik kemegahannya.
 
Sejarah Menara Eiffel
Menara Eiffel ini adalah  menara besi yang dibangun pada tahun antara 1887 dan 1889 di Champ de Mars di tepi sungai Sene Paris Perancis. Awalnya sang perancang menginginkan  membangun menara ini di Barcelona Spanyol. Tapi rencana tersebut gagal karena dianggap mahal dan kurang menarik sehingga menuai kritik yang tajam. 
Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona, Gustave Eiffel sang perancang tidak putus asa, dan membawa drafnya ke pihak penyelenggara pameran Universal di Paris. Meskipun kecaman dan protes yang keras dari penduduk Paris dan kalangan intelektual selama dibangun, kerangka besi ini menjadi simbol kota Paris dan menarik lebih dari 6 juta pengunjung setiap tahun.Manara deisetujui pemabngunannya Tahun 1889, diresmikan tanggal 31 Maret 1889 dan dibuka untuk umum pada tanggal 6 Mei ini,  Pemimpin Proyek : Tuan Gustave Eiffel bersama para insinyur Maurice Koechlin dan Emile Nouguier serta Stephen Sauvestre sebagai arsitek dengan dibantu .oleh tiga ratusan pekerja, yang harus bekerja dengan resiko sangat besar untuk menyelesaikan menara ini. Namun demikian karena telah diperhitungkan dengan cermat, korban meninggal hanya berjumlah satu orang saja.

Bahan yang digunakan : Besi baja dikaitkan dalam bentuk persilangan dari 18.038 biji yang diperkuat dengan 2.500.000 paku. Kerangka dari karya Tuan Gustave Eiffel ini tahan angin dan walaupun bahannya dari besi, berat menara hanya 7.300 ton.

Tinggi : Dari tanah sampai tiang bendera, tingginya 312.27 meter pada tahun 1889, sekarang 324 meter dengan antenanya. Saat ini, berbagai perusahaan televisi Perancis memasang antena mereka di puncak Menara Eiffel.

Dimiliki oleh Pemerintah Daerah Paris dan dikelola oleh perusahaan swasta, "Société Nouvelle de l'Exploitation de la Tour Eiffel", kerangka besi ini direnovasi setiap 7 tahun sekali dan dicat dengan 50 ton cat. Renovasinya digarap olah pekerja yang manguasai olah raga alpinis dan akrobatis.

Menara Eifel  diterangi  352 projektor 1.000 watts dan berkedip setiap sengah jam pada malam hari dengan 20.000 bola lampu dan 800 lampu disko.Agar menara tampak lebih hidup, 4 lampu laser xenon yang berkekuatan 6.000 watts berputar secara permanen di puncak menara.

Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa. 
Pada saat pembangunan Menara mendapat berbagai kritik dari masyarakat dan dianggap dapat mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya dimasukkan dalam penerbitan Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson mengenai Pameran Universal Paris: Teknik Sipil, Pekerjaan Umum, dan Arsitektur 1892. 

Keliling Dunia dengan Naik Liftnya
Menara Eifell memiliki jumlah tangga : 1.665 tangga yang sangat disukai oleh pengunjung yang senang olah raga. Untuk menaiki menara ada 2 buah lift yang naik ke tingkat dua dimana bisa ditemukan berbagai toko suvenir. Lift memang diperlukan untuk bangunan setinggi ini untuk mengangkut pengunjung ke atas dan ke bawah. Tahukah anda semua lift Menara Eiffel ini jika dihitung jumlah kegunaan per tahunnya adalah sama dengan 2 setengah kali mengelilingi dunia atau lebih dari103,000 km.

Terlihat Kokoh Namun Masih Bisa Digoyahkan
Menara ini bergoyang sedikit apabila hari berangin.Tetapi pada tahun 1999, angin ribut telah menyebabkan ia bergerak 13 cm dari kedudukan asalnya. Malah matahari juga bisa menyebabkan menara ini condong hingga 18 cm. 

Dicat Dengan Cat Khusus
Menara besi ini juga diperlukan perawatan. Ia dicat setiap 7 tahun, tetapi bukan dengan sembarang cat yang digunakan,warna tembaga dengan variasi 3 tona telah dipilih kerana kombinasi 3 warna yang berbeda ini dianggap berpadanan dengan warna langit Paris. serta Hal ini lantaran menara ini sangat tinggi, sehingga perancangnya memutuskan untuk memberi 3 corak warna cat untuk mendapatkan efek shading yang indah.

Adapun warna yang lebih gelap berada pada bagian fondasi nya, warna yang lebih terang pada bagian tengahnya, dan yang warna yang paling terang untuk mengecat bagian paling atas menara. Perawatan terhadap menara ini harus menghabiskan 60 ton kaleng cat setiap tujuh tahun sekali agar tidak berkarat.

Mendaki Anak Tangga Menara Eiffel
Sewaktu pembukaan resmi Menara Eiffel, Arsiteknya "Gustave Eiffel" mendaki 1,710 anak tangga ke puncak menara untuk memacakkan sendiri bendera Perancis. 

Terjun & Mati dari Menara Eiffel
Pada tahun 1912, Franz Reichelt adalah penemu parasut terjun dari lantai 3 menara Eiffel. Reichelt ingin melakukan uji coba terhadap penemuan barunya yaitu jaket parasut. Namun penemuan barunya itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan kematiannya.

Hitler Ingin Panjat Menara Eiffel
Selama Perang Dunia Kedua berlangsung, para tentara Perancis telah memotong kabel lift menara Eiffel. Mereka tidak ingin pihak lawan dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari atas menara Eiffel. Sehingga ketika pendudukan Nazi di Perancis, Hitler harus memanjat sendiri menara ini untuk dapat mencapai ke atas. Pada tahun 1944, lift di menara Eiffel diperbaiki sehingga pihak Sekutu mendapatkan akses bebas untuk ke atas

Pencopet Dompet di atas Menara
Kalau anda ke menara Eiffel. Berhati-hatilah. Ternyata di menara Eiffel banyak berkeliaran pencopet dompet yang sangat cekatan. Tanpa jejak dan dengan sangat cepat dompet bisa berpindah tangan yang kemudian digeletakkan begitu saja di sembarang tempat di atas setelah dikosongkan isinya. Ini telah menimpa rekan kami yang kehilangan dompetnya di atas menara. Dia baru sadar kehilangan dompetnya setelah 1 jam naik dan kembali turun. 

Tidak ada komentar: